Mengenal Ralph H. Baer, ‘bapak’ dari video gim

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 19 Feb 2019 10:12 WIB

Perjalanan Ralph Henry Baer untuk membuat video gim dapat diterima dengan baik harus melalui lika liku yang cukup tajam.

Ralph H Baer (NPR)

Gim di zaman modern ini, gim bisa menjadi sebuah sarana untuk menyalurkan hobi atau sekedar menjadi alat untuk melepas stres. Mulai dari gim kasual hingga gim bergenre kompetitif semakin digemari oleh masyarakat dunia.

Saking seriusnya, pada saat ini, beberapa gim sudah diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi di bawah nama eSport. Bahkan, beberapa pagelaran olahraga terbesar, seperti Asian Games sudah memiliki kategori khusus untuk dalam pertandingan.

Namun, bagi Anda yang mengaku sebagai penggemar berat video gim, tak lengkap rasanya jika tidak mengenal siapa sosok ‘bapak’ dari video gim. Ralph Henry Baer disebut-sebut sebagai sosok yang menciptakan video gim rumahan pertama di dunia.

Cerita Ralph dimulai dari masa kecilnya yang kelam sebagai anak seorang pekerja pabrik sepatu Yahudi. Karena terancam oleh Hitler dan pasukan Nazi, dia dan seluruh keluarganya hijrah ke Bronx di New York pada 1938.

Ketika dia berusia 16 tahun, dia melihat iklan untuk kursus korespondensi. Dari situ ia belajar bagaimana memperbaiki radio dan televisi. Dia pun menyisihkan upahnya sebagai pekerja pabrik untuk mengikuti kursus tersebut.

Tag