Mengenal 5 jenis insomnia dan dampaknya pada kualitas tidur

Oleh: Lysti Rahma - Rabu, 24 Apr 2024 06:59 WIB

Gangguan tidur tidak hanya mengurangi kualitas hidup tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Insomnia, sebuah gangguan tidur yang sering dianggap remeh, ternyata memiliki berbagai jenis yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang secara signifikan. Dengan memahami berbagai jenis insomnia, dokter dan pasien dapat menemukan cara yang lebih efektif untuk mengatasi masalah tidur.

Menurut sebuah artikel kesehatan yang diterbitkan neuroscience news (23/4), terdapat 5 jenis insomnia yang berbeda, yang masing-masing memiliki penyebab dan solusi yang beragam. Insomnia tidak hanya mengganggu tidur, tetapi juga aktivitas sehari-hari dan kesehatan fisik serta mental seseorang.

1. Perilaku insomnia masa kecil

Perilaku insomnia masa kecil merupakan kondisi di mana anak-anak menunjukkan kesulitan untuk tidur pada waktu yang seharusnya, tanpa adanya intervensi orang tua untuk menetapkan jadwal tidur yang konsisten. Dalam kondisi ini, anak-anak cenderung mengembangkan kebiasaan tidur yang tidak teratur, berbeda dengan perilaku tidur yang dianggap normal pada umumnya. 

Ketika anak diberi jadwal tidur yang ketat dan dipatuhi, mereka cenderung dapat tertidur pada waktu yang lebih standar. Namun, tanpa pengawasan dan ketegasan dari orang tua, mereka mungkin akan terjaga hingga larut malam. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menciptakan dan menjaga rutinitas tidur yang konsisten, yang tidak hanya membantu anak dalam mendapatkan waktu istirahat yang cukup tetapi juga dalam mengembangkan kebiasaan tidur yang baik untuk kesehatan jangka panjang mereka.

Tag