Mengapa pembaruan teknologi jaringan itu penting?

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 20 Des 2018 16:30 WIB

Tidak lama lagi teknologi jaringan 5G akan segera hadir. Lantas, mengapa harus ada pembaruan teknologi jaringan? Apa yang akan didapatkan oleh pengguna?

Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto

Beberapa negara di dunia saat ini sudah siap menyambut teknologi jaringan terbaru, yakni teknologi jaringan generasi kelima atau sering disebut dengan 5G. Padahal, saat ini banyak yang menganggap jaringan 4G, bahkan 3G masih bisa digunakan bila dioptimasi dengan baik.

Menurut Qualcomm, hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, dengan hadirnya teknologi jaringan terbaru, baik para pengguna maupun operator jaringan akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Senior Manager Marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto. Dia mengatakan, dengan hadirnya teknologi jaringan terbaru, maka pengguna akan mendapatkan pita frekuensi yang lebih besar. Operator pun dapat menampung lebih banyak pelanggan.

“Jadi, adanya teknologi jaringan baru adalah meningkatkan kapasitas, meningkatkan kemampuan transmisi data, dan lainnya, Hal ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi jaringan,” kata Dominikus, dalam acara Media Academy bersama Qualcomm, Kamis (20/12) di Jakarta.

Lebih lanjut, dalam ‘kuliah’ ini Dominikus menjelaskan bahwa peningkatan teknologi ini sesuai dengan tiga fundamental yang bisa membuat konektivitas lebih baik, menurut Qualcomm. Dan ketiga fundamental tersebut adalah Coverage, Spectrum, serta Capacity.