Mencoba performa ASUS TUF Gaming F15 (FX507)

Oleh: Erlanmart - Selasa, 13 Des 2022 17:54 WIB

ASUS memiliki jajaran laptop gaming TUF Gaming yang sangat dikenal sebagai Most Advanced Entry Level Gaming Laptop. Ini hadir dengan prosesor Intel Core Gen-12, GPU bertenaga, dan sistem pendinginan kelas atas.

ASUS adalah salah satu perusahaan yang menawarkan laptop gaming berkualitas. Bukan Cuma satu, tetapi perusahaan asal Taiwan ini memiliki sejumlah jajaran yang masuk ke dalam segmen gaming. Salah satu jajaran laptop gaming yang ditawarkan ASUS adalah TUF Gaming.

Laptop TUF Gaming terbaru dari ASUS adalah F15 (FX507) yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-12700H 2,3 GHz. CPU generasi ke-12 dari Intel ini sudah dibekali dengan berbagai fitur terkini untuk menunjang berbagai aktivitas selain bermain gim, seperti Intel QuickSync yang dapat mengakselerasi proses encoding video, hingga Intel Thread Director yang dapat mengatur kerja CPU secara pintar sehingga menjadi lebih efisien.

Dari sisi grafis, ASUS TUF Gaming F15 (FX507) diperkuat dengan GPU Nvidia GeForce RTX 30 Series, tepatnya hingga Nvidia GeForce RTX 3070. Dengan TGP (total graphic power) yang lebih ditingkatkan dibandingkan dengan generasi sebelumnya serta dukungan sistem pendingin yang lebih baik.

Laptop gaming tersebut dilengkapi dengan memori DDR5 berkecepatan 4.800 MHz yang menawarkan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan kompetitor di kelasnya yang masih menggunakan memori DDR4 3200 MHz. Kecepatan memori sangat berpengaruh dalam aktivitas gaming, menghadirkan frame rate minimal yang lebih baik dalam gim.

TUF Gaming F15 (FX507) menggunakan sistem pendingin khusus yang dilengkapi lima heatpipe tembaga yang tidak hanya mendinginkan CPU dan GPU, tetapi juga komponen penting lainnya seperti Voltage Regulator Module (VRM). Sistem pendingin laptop gaming ini juga ditenagai dua kipas bertenaga 12 volt serta memiliki empat jalur pembuangan udara panas sehingga proses pendinginan dapat bekerja optimal.