Melihat demo robot langsung di pabrik

Oleh: Erlanmart - Kamis, 06 Des 2018 09:07 WIB

Universal Robot mengklaim, mereka telah memiliki sekitar 27 ribu robot di seluruh dunia untuk membantu memudahkan pabrikasi.

Perusahaan asal Denmark yang secara khusus menghadirkan robot untuk perakitan di dalam pabrik, Universal Robots, menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu pasar yang paling besar. Mereka juga menyatakan, negara ini memiliki peringkat nomor 5 tepat di bawah Singapura. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pabrik di Indonesia dengan aneka industri. Industri manufaktur di Indonesia sendiri merupakan salah satu tulang punggung ekonomi negara.

Universal Robot mengklaim mereka telah memiliki sekitar 27 ribu robot di seluruh dunia untuk membantu memudahkan proses pabrikasi. Robot buatan mereka pun dirancang sangat mudah untuk digunakan. Dengan begitu perusahaan yang menggunakan robot Universal Robot mampu meningkatkan efisiensi dalam proses manufaktur.

General Manager Universal Robots South East Asia & Oceania, Sakari Kuikka, menjabarkan “Misi kami adalah untuk meningkatkan efisiensi kepada konsumen. Robot manufaktur kami dirancang sedemikian rupa agar dapat dioperasikan oleh orang-orang tanpa pengalaman dalam bidang robot,”

Karena kebutuhan manufaktur itu berbeda-beda, maka Universal Robots mengklaim bahwa produknya telah digunakan lebih dari 150 aplikasi berbeda. Sakari pun menyatakan bahwa pengaplikasian tersebut tidak akan berhenti di angka tersebut, dirinya yakin akan terus bertambah. Dia juga menjelaskan bahwa robotnya diaplikasikan di pabrik pembuat pizza di Italia.

Di Indonesia sendiri, salah satu pabrik yang menggunakan sistem robot manufaktur adalah PT JVC Electronics Indonesia. Salah satu perangkat yang diproduksi dalam pabrik JVC adalah audio mobil.