Mac Studio resmi diluncurkan, pakai prosesor M1 Ultra

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 09 Mar 2022 02:19 WIB

Apple memperkenalkan mini PC revolusioner bernama Mac Studio, yang hadir dengan pilihan prosesor M1 Max dan M1 Ultra.

Seperti diketahui, dalam acara “Peek Performance” yang diadakan oleh Apple beberapa waktu lalu, hadir prosesor terkencang milik Apple yang bernama M1 Ultra. Pada awalnya, kami berasumsi bahwa prosesor yang satu ini akan hadir di perangkat Mac Pro, tapi kami salah.

Dalam acara yang sama, Apple ternyata meluncurkan sebuah perangkat mini PC Mac baru, yang bernama Mac Studio. Ini merupakan mini PC yang dibuat oleh mereka untuk para pekerja kreatif yang membutuhkan PC kompak dengan kemampuan tinggi.

Akan ada dua varian yang dihadirkan untuk Mac Studio ini, yakni yang menggunakan prosesor M1 Max. Dan yang mengejutkan, ternyata ini merupakan perangkat pertama yang secara resmi akan menggunakan prosesor M1 Ultra.

Ukurannya sangat kompak, yakni memiliki lebar 7,7 inci dan tinggi 3,7 inci. Meski kompak, perusahaan asal Cupertino tersebut dapat menyematkan dua kipas yang cukup besar di dalamnya untuk mendinginkan semua komponen yang ada.

Sementara itu, untuk konektivitas, pengguna akan disuguhkan oleh cukup banyak port yang sangat berguna. Di bagian belakang, mereka menawarkan 4 buah Thunderbolt 4, sebuah 10GB ethernet, dua USB Type-A, HDMI port, serta Pro Audio Jack.