sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 09 Mar 2022 02:19 WIB

Mac Studio resmi diluncurkan, pakai prosesor M1 Ultra

Apple memperkenalkan mini PC revolusioner bernama Mac Studio, yang hadir dengan pilihan prosesor M1 Max dan M1 Ultra.

Mac Studio resmi diluncurkan, pakai prosesor M1 Ultra

Seperti diketahui, dalam acara “Peek Performance” yang diadakan oleh Apple beberapa waktu lalu, hadir prosesor terkencang milik Apple yang bernama M1 Ultra. Pada awalnya, kami berasumsi bahwa prosesor yang satu ini akan hadir di perangkat Mac Pro, tapi kami salah.

Dalam acara yang sama, Apple ternyata meluncurkan sebuah perangkat mini PC Mac baru, yang bernama Mac Studio. Ini merupakan mini PC yang dibuat oleh mereka untuk para pekerja kreatif yang membutuhkan PC kompak dengan kemampuan tinggi.

Akan ada dua varian yang dihadirkan untuk Mac Studio ini, yakni yang menggunakan prosesor M1 Max. Dan yang mengejutkan, ternyata ini merupakan perangkat pertama yang secara resmi akan menggunakan prosesor M1 Ultra.

Ukurannya sangat kompak, yakni memiliki lebar 7,7 inci dan tinggi 3,7 inci. Meski kompak, perusahaan asal Cupertino tersebut dapat menyematkan dua kipas yang cukup besar di dalamnya untuk mendinginkan semua komponen yang ada.

Sementara itu, untuk konektivitas, pengguna akan disuguhkan oleh cukup banyak port yang sangat berguna. Di bagian belakang, mereka menawarkan 4 buah Thunderbolt 4, sebuah 10GB ethernet, dua USB Type-A, HDMI port, serta Pro Audio Jack.

Sedangkan di bagian depan, untuk yang menggunakan prosesor M1 Max akan mendapatkan 2 USB Type-C standar, sementara varian M1 Ultra mendapatkan 2 Thunderbolt 4. Dengan perpaduan port ini, pengguna dapat menggunakan 4 Pro Display ditambah 1 TV sekaligus.

Yang menarik, mereka mengklaim Mac Studio dengan M1 Ultra memiliki performa 60 persen lebih tinggi dari Mac Pro dengan prosesor Intel 28 core dalam tugas-tugas CPU dan 80 persen lebih cepat daripada kartu grafis Mac tercepat.

Mereka juga mengklaim, pengguna akan dapat menjalankan hingga 18 stream 8K ProRes 4:2:2 video sekaligus. Soalnya, Mac Studio ini akan mendapatkan total VRAM hingga 128GB Unified memory, dimana sangat besar. Sementara untuk penyimpanan, pengguna akan mendapatkan dukungan SSD hingga 8TB dengan kecepatan 7,4 Gbps.

Untuk harga, varian Mac Studio dengan prosesor M1 Max akan memiliki harga USD1999 atau sekitar Rp28,7 juta. Sedangkan untuk varian yang menggunakan M1 Ultra harganya akan dimulai dari USD3999 atau sekitar Rp57,4 juta.

Share
×
tekid
back to top