LG produksi modul lensa zoom optik bergerak untuk ponsel flagship 2023

Oleh: Erlanmart - Rabu, 28 Des 2022 16:39 WIB

Pemasok komponen kamera LG Innotek telah meluncurkan modul telefoto dengan zoom optik bergerak untuk mencakup rentang zoom 4-9x tanpa zoom digital.

LG Innotek

LG Electronics memang sudah tidak memproduksi ponsel lagi, tetapi LG Innotek (senagao pemasok utama modul kamera ponsel) masih ada dan tetap beroperasi. Lengan perusahaan LG itu akan memperkenalkan modul kamera zoom telefoto baru di CES 2023, menawarkan zoom optik sesungguhnya dan berkelanjutan.

Perusahaan ini bermitra dengan Qualcomm untuk mempercepat penerapan teknologi barunya melalui SoC Snapdragon 8 Gen 2 di ponsel Android flagship mendatang.

Sementara sebagian besar kamera ponsel lainnya menggunakan zoom digital yang menurunkan kualitas gambar untuk menjangkau melebihi focal length natifnya, desain LG menggunakan lensa bergerak – seperti lensa kamera DSLR konvensional – yang menjaga detail gambar.

Dilansir dari The Verge (28/12), modul kamera dari LG tersebut menggunakan desain folded-optic, yang disebut juga sebagai lensa periskop. Ini memungkinkan ukuran keseluruhan tetap rendah. Hasilnya adalah lensa yang mencakup rentang 4-9x, dengan zoom optik sesungguhnya.

Sony adalah satu-satunya pabrikan besar yang menawarkan ponsel dengan zoom optik sejati sejauh ini, meskipun OPPO juga sedang mengerjakannya. Lensa 3,5-5,2x pada Sony Xperia 1 IV setara dengan 85-125mm, yang sedikit lebih pendek dari modul telefoto baru yang ditampilkan LG – mungkin mencakup rentang yang setara 100mm hingga lebih dari 200mm.