sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Rabu, 28 Des 2022 16:39 WIB

LG produksi modul lensa zoom optik bergerak untuk ponsel flagship 2023

Pemasok komponen kamera LG Innotek telah meluncurkan modul telefoto dengan zoom optik bergerak untuk mencakup rentang zoom 4-9x tanpa zoom digital.

LG produksi modul lensa zoom optik bergerak untuk ponsel flagship 2023
LG Innotek

LG Electronics memang sudah tidak memproduksi ponsel lagi, tetapi LG Innotek (senagao pemasok utama modul kamera ponsel) masih ada dan tetap beroperasi. Lengan perusahaan LG itu akan memperkenalkan modul kamera zoom telefoto baru di CES 2023, menawarkan zoom optik sesungguhnya dan berkelanjutan.

Perusahaan ini bermitra dengan Qualcomm untuk mempercepat penerapan teknologi barunya melalui SoC Snapdragon 8 Gen 2 di ponsel Android flagship mendatang.

Sementara sebagian besar kamera ponsel lainnya menggunakan zoom digital yang menurunkan kualitas gambar untuk menjangkau melebihi focal length natifnya, desain LG menggunakan lensa bergerak – seperti lensa kamera DSLR konvensional – yang menjaga detail gambar.

Dilansir dari The Verge (28/12), modul kamera dari LG tersebut menggunakan desain folded-optic, yang disebut juga sebagai lensa periskop. Ini memungkinkan ukuran keseluruhan tetap rendah. Hasilnya adalah lensa yang mencakup rentang 4-9x, dengan zoom optik sesungguhnya.

Sony adalah satu-satunya pabrikan besar yang menawarkan ponsel dengan zoom optik sejati sejauh ini, meskipun OPPO juga sedang mengerjakannya. Lensa 3,5-5,2x pada Sony Xperia 1 IV setara dengan 85-125mm, yang sedikit lebih pendek dari modul telefoto baru yang ditampilkan LG – mungkin mencakup rentang yang setara 100mm hingga lebih dari 200mm.

Desain lensa baru dari LG itu juga menyertakan stabilisasi optik, yang wajib dimiliki jika pengguna mencoba mengambil gambar pada 200mm. Modul ini menggunakan aktuator kecil yang sangat presisi untuk menggerakkan elemen lensa agar bisa melakukan zoom.

Perusahaan asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa lensa zoom buatannya dapat bergerak dengan peningkatan 1 mikrometer. LG juga menunjukkan bahwa desainnya akan memungkinkan produsen ponsel memasukkan lebih sedikit lensa total di bagian belakang perangkat. Daripada menyertakan lensa 4x dan 9x, dengan ini menggabungkan keduanya untuk menghemat ruang dan mengurangi konsumsi daya.

LG Innotek mengatakan bahwa modul kamera buatannya akan membantu perusahaan memperkuat posisi nomor 1 global di pasar modul kamera ponsel. Perusahaan ini sudah dalam posisi yang kuat, sebagian besar berkat pelanggan terbesarnya yaitu Apple. iPhone 15 dikabarkan menyertakan lensa telefoto periskop, dan meskipun sepertinya tidak menyertakan model khusus, LG sepertinya ingin memasukkan teknologi kameranya ke berbagai ponsel flagship 2023.

Share
×
tekid
back to top