Lenovo rajai pasar PC global di Q2 2019

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 12 Jul 2019 13:24 WIB

Menurut IDC, penjualan PC di kuartal dua mencapai 64,9 juta unit, meningkat 4,7% dari tahun ke tahun.

(Foto: Liberiangeek)

Penjualan PC di seluruh dunia tumbuh pada kuartal kedua tahun 2019. Data yang dirilis Gartner dan IDC menunjukkan adanya pembaruan permintaan driver Windows 10. Kedua firma riset itu menunjukkan Lenovo menjadi vendor PC teratas secara global di kuartal ini.

Menurut IDC, penjualan PC di kuartal dua mencapai 64,9 juta unit, meningkat 4,7% dari tahun ke tahun. IDC mengaitkan pertumbuhan Windows 10 dengan berkurangnya pasokan CPU Intel karena meningkatnya ketegangan perdagangan. Sementara itu Gartner menyebut penjualan PC global kuarta dua tahun ini mencapai 63 juta unit, naik 1,5% dari tahun ke tahun.

Gartner mengatakan ada tanda-tanda kekurangan CPU Intel telah mereda, namun menyatakan masalah pasokan di semester pertama tahun ini memungkinkan tiga vendor teratas untuk mendapatkan lebih banyak pangsa pasar di Q2. 

Gartner dan IDC memang berbeda dalam mendefinisikan pasar PC. Gartner menghimpun data penjualan PC termasuk PC desktop, notebook dan perangkat PC ultramobile seperti Microsoft Surface, namun tak menyertakan Chromebook atau iPad. IDC sendiri menghitung desktop, notebook (termasuk Chromebook) dan workstation, namun bukan tablet atau Server x86.

Baik Gartner maupun IDC menyatakan Lenovo meraih 25% pasar di kuartal dua tahun ini dengan pertumbuhan dua digit dari tahun ke tahun. Menurut Gartner Lenovo mengirimkan 15.774 perangkat, berbeda dengan IDC yang menyatakan 16.254 pengiriman.