TV kabel kalah pamor, kini layanan streaming kuasai pasar AS

Oleh: Litalia Putri - Minggu, 21 Agst 2022 10:13 WIB

Menurut survey yang dilakukan oleh Nielsen, saat ini layanan streaming lebih diminati warga AS dibanding dengan TV Kabel.

Flickr

Dalam beberapa tahun terakhir, industri streaming media semakin digemari oleh banyak pengguna internet di dunia. Pasalnya, lewat layanan streaming ini pengguna dapat menonton berbagai konten menarik secara berulang tanpa perlu menunggu adanya penayangan ulang. 

Fenomena tersebut tentunya juga menimbulkan efek yang berbanding terbalik untuk industri pertelevisian, salah satunya yaitu layanan TV Kabel. Bahkan, saat ini terlihat banyak pengguna televisi kabel yang beralih ke layanan streaming online. 

Sebuah laporan terbaru Nielsen, perusahaan informasi dan media global yang fokus melakukan riset terkait televisi dan media lain mengungkap, warga di Amerika Serikat (AS) kini lebih sering menonton layanan streaming dibandingkan dengan TV kabel. Layanan  streaming ini meliputi Netflix, YouTube, Disney+ hingga Prime Video. 

Dilansir dari CNET (21/8), layanan streaming di AS menyumbang 34,8 persen dari keseluruhan penayangan di TV pada bulan Juli kemarin. Sementara jumlah penayangan TV kabel di bulan yang sama hanya mencapai 34,4 persen. 

Kendati hanya selisih sedikit, data terbaru yang diungkap Nielsen ini mengindikasikan jika kini layanan streaming lebih populer. Nielsen mengungkap, layanan streaming saat ini berhasil mendominasi penayangan di tengah pelambatan konten baru yang ada di televisi tradisional.