Resmi digelar, KTT W20 dorong pemimpin G20 prioritaskan kesetaraan gender

Oleh: Litalia Putri - Kamis, 21 Jul 2022 19:02 WIB

KTT Women 20 Summit menghasilkan sejumlah rekomendasi untuk mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Women20 (W20 Summit) di Simalungun, Danau Toba, Sumatra Utara, 19-20 Juli 2022 menjadi aksi nyata untuk membuat perubahan positif bagi permasalahan yang dihadapi perempuan saat ini. Konferensi tersebut menghasilkan sejumlah rekomendasi terkait pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender

Rekomendasi ini meliputi isu menolak diskriminasi dan mendorong kesetaraan gender, UMKM yang dimiliki dan dipimpin oleh perempuan, respon kesehatan yang mengutamakan kesetaraan gender serta isu terkait perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas. 

Selanjutnya, rekomendasi tersebut bakal menjadi dasar bagi penyiapan komunike yang akan diserahkan langsung kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, selaku pemimpin tertinggi dari G20 Presidensi Indonesia hari ini, Kamis (21/7). 

KTT W20 dibuka dengan sambutan dari Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Ia menuturkan, pandemi memberikan dampak yang lebih besar kepada perempuan. Ini meliputi gaji yang rendah serta hilangnya pekerjaan. 

Pasalnya, pandemi telah mendorong jatuhnya perempuan ke dalam kemiskinan yang ekstrim. Bahkan, menurut Bintang, kondisi ini semakin memperlebar kesenjangan gender yang telah ada.