Kontroler PS5 sering lari sendiri? Ini penyebabnya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 22 Feb 2021 10:26 WIB

iFixit mengatakan ada beberapa sumber masalah dari sisi hardware yang menyebabkan DualSense mengalami “drift”.

Sony DualSens Controller

Beberapa pengguna konsol terbaru Sony, yakni PlayStation 5 melaporkan adanya anomali di perangkat mereka. Mereka mengatakan kontroler DualSense miliknya mengalami “drift”.

Dalam beberapa pelaporan di forum-forum populer, para pengguna mengatakan menemukan kotroler DualSense sering kali bergerak dengan sendirinya. Tentu saja, ini merupakan sebuah masalah yang cukup pelik.

Setelah ditelusuri, Gizchina (22/2) melaporkan bahwa iFixit telah menemukan masalah mengapa hal ini terjadi. Masalah “drift” ini kemungkinan besar adalah masalah perangkat keras, bukan masalah dari perangkat lunak.

Mereka mengatakan, "drift" dapat datang dari empat parameter. Masalah drifting bisa berhubungan ke masalah keausan sensor, kelemahan pegas, peregangan material, dan sampah seperti debu, kelembaban, dan lainnya. 

Menurut Alps yang merupakan pembuat joystick PS5, umur pengoperasian untuk potensiometer RKJXV adalah 2.000.000 siklus. Perhitungan profesional oleh iFixit menunjukkan bahwa seorang pemain dapat mencapai 2.000.000 hanya dalam 4 sampai 7 bulan saja.