sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Senin, 22 Feb 2021 10:26 WIB

Kontroler PS5 sering lari sendiri? Ini penyebabnya

iFixit mengatakan ada beberapa sumber masalah dari sisi hardware yang menyebabkan DualSense mengalami “drift”.

Kontroler PS5 sering lari sendiri? Ini penyebabnya
Sony DualSens Controller

Beberapa pengguna konsol terbaru Sony, yakni PlayStation 5 melaporkan adanya anomali di perangkat mereka. Mereka mengatakan kontroler DualSense miliknya mengalami “drift”.

Dalam beberapa pelaporan di forum-forum populer, para pengguna mengatakan menemukan kotroler DualSense sering kali bergerak dengan sendirinya. Tentu saja, ini merupakan sebuah masalah yang cukup pelik.

Setelah ditelusuri, Gizchina (22/2) melaporkan bahwa iFixit telah menemukan masalah mengapa hal ini terjadi. Masalah “drift” ini kemungkinan besar adalah masalah perangkat keras, bukan masalah dari perangkat lunak.

Mereka mengatakan, "drift" dapat datang dari empat parameter. Masalah drifting bisa berhubungan ke masalah keausan sensor, kelemahan pegas, peregangan material, dan sampah seperti debu, kelembaban, dan lainnya. 

Menurut Alps yang merupakan pembuat joystick PS5, umur pengoperasian untuk potensiometer RKJXV adalah 2.000.000 siklus. Perhitungan profesional oleh iFixit menunjukkan bahwa seorang pemain dapat mencapai 2.000.000 hanya dalam 4 sampai 7 bulan saja.

Dengan demikian, ini bisa menyebabkan keausan dan kerusakan dari potensiometer di controller joystick. Akibatnya, joystick mungkin sedikit menyimpang dari titik tengah, yang akan dilihat pemain sebagai “drift”. 

Selain itu, keausan pegas di dalam joystick menyebabkan joystick tidak dapat disetel ulang. Bahan plastik berubah bentuk seiring waktu, yang dapat memberi ruang bagi debu dan sampah lain untuk masuk. 

Meskipun begitu, Sony telah meminta pengguna untuk me-restart Bluetooth, memulai ulang PS5, atau bahkan mengatur ulang pengontrol DualSense. Selain itu, Sony juga sudah melakukan pembaruan software untuk mengatasi isu ini.

Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, selama kontroler DualSense masih dalam garansi, Sony akan bertanggung jawab atas penggantian gratis.

Share
×
tekid
back to top