Kita adalah Loki di dunia nyata

Oleh: Zulfikar Hardiansyah - Sabtu, 24 Jul 2021 11:53 WIB

Serial Loki memiliki fokus terhadap pendalaman karakter Loki yang diceritakan bertemu dengan berbagai variannya dari semesta lain.

Credit: Imdb

Dengan dirilisnya episode 6 pada pekan lalu, akhirnya salah satu serial Marvel Comics Universe (MCU), Loki di Disney+ telah usai. Dikabarkan serial ini akan dilanjutkan oleh MCU. Loki yang menjadi tokoh villain dalam MCU, ditampilkan sebagai karakter utama dalam serial ini.

Serial Loki memiliki alur dengan melanjutkan cerita dari peristiwa dimana Loki berhasil kabur dengan membawa Tesseract. Peristiwa ini ditampilkan dalam film The Avengers: Endgame (2019). Kaburnya Loki dengan Tesseract, menciptakan alur lain dengan latar baru disertai pendalaman karakter dari tokoh villain tersebut.

Pada bagian pertama, Loki (Tom Hiddleston) diceritakan berhasil kabur dengan membawa Tesseract di suatu tempat. Loki kemudian ditangkap dan menjadi tawanan dari Time Variance Authority (TVA) karena dinilai telah merusak alur waktu utama (Sacred Timeline) dari realita semesta. Kemudian, ia dibawa ke TVA untuk disidang akibat perbuatannya.

Tapi saat Loki menjalani masa persidangan, ia bertemu dengan Mobius (Owen Wilson) yang merupakan salah satu pekerja di TVA. Mobius menawarkan kerja sama pada Loki untuk menangkap salah satu varian yang telah membunuh beberapa anggota TVA di berbagai alur waktu. Pada bagian ini, kisah besar dari serial Loki pun dimulai.

Mengikuti Loki di awal, membuat saya kebingungan karena terdapat beberapa terma, seperti varian atau TVA yang terdengar asing. Memang benar, saya gemar mengikuti serial film dari MCU tapi bukan penggemar berat darinya, yang sampai mengerti detail dan klenik dari setiap cerita MCU. Meski kebingugan di awal, penjelasan mengenai alur dan latar dari serial Loki ditampilkan pada episode-episode berikutnya.