Kisah UMKM tingkatkan penjualan via Tokopedia

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 13 Mei 2021 15:34 WIB

​​​​​​​Tokopedia membagikan cerita Monel Official dan Gonegani sebagai dua pegiat usaha fesyen muslim lokal yang turut berkolaborasi dalam kampanye Ramadan in Style.

Tokopedia membagikan cerita Monel Official dan Gonegani sebagai dua pegiat usaha fesyen muslim lokal yang turut berkolaborasi dalam kampanye Ramadan in Style. Kampanye ini sendiri sudah berlangsung pada bulan Ramadan tahun ini. Berkat keikutsertaannya dalam kampanye ini, Monel hingga Gonegani mendapati peningkatan transaksi penjualan.

  • Monel Official

Maraknya penjualan busana muslim dan hijab pada 2011, menginspirasi Irma Mariam bersama empat sahabatnya untuk memulai usaha Monel. Irma menawarkan beragam produk fesyen muslim, mulai dari hijab, scarf hingga berbagai gaun muslim lainnya dengan nuansa colorful.

Setelah toko offline Monel terpaksa tutup sementara karena PSBB, Irma beradaptasi dengan buka toko online Tokopedia pada Juli 2020. “Kami juga rajin ikut berbagai kampanye di Tokopedia. Salah satunya Ramadan in Style, yang mendorong peningkatan transaksi toko lebih dari 7x lipat selama dua minggu pertama Ramadan dibanding periode yang sama pada bulan sebelumnya,” kata Irma mewakili Monel Official.

Selain mendorong penjualan, Tokopedia juga telah membantu Monel meraup omzet ratusan juta. Melalui Monel, Irma bersama empat sahabatnya pun turut memberdayakan sejumlah penjahit lokal dari Bandung dan Garut.

  • Gonegani

Laki-laki asal Jambi, Khairul Gani, mencari cara agar dapat hidup mandiri selama kuliah di Malang. Ia melihat peluang usaha di industri fesyen yang digemarinya. “Saya terjun ke industri ini dengan berjualan baju siap pakai. Dengan modal hanya Rp1 juta untuk produksi, saya kemudian membuat baju rancangan sendiri dengan nama Gonegani pada 2016,” ujarnya.