Kiriman untuk Huawei dialihkan FedEx ke Amerika Serikat

Oleh: Hieronimus Patardo - Selasa, 28 Mei 2019 12:51 WIB

Masalah Huawei seperti tiada habisnya. Baru-baru ini Huawei mengaku bahwa dua paket yang ditujukan untuk Huawei di Cina justru berakhir di Amerika Serikat. Huawei enggan menyebut alasan pengalihan kiriman itu.

Source: Shutterstock

Huawei dilaporkan sedang meninjau kembali hubungannya dengan FedEx Corp. Langkah ini dilakukan setelah perusahaan layanan pengiriman barang asal AS itu diduga sengaja mengalihkan dua paket yang awalnya ditujukan untuk Huawei di Asia. Kedua paket itu justru dibawa ke Amerika Serikat dan FedEx disebut berupaya mengubah rute dua paket lain.

Seperti dilaporkan Reuters (28/5), Huawei menyatakan bahwa FedEx sengaja mengalihkan dua paket yang dikirim dari Jepang ke Huawei di Cina. Paket itu malah dibawa ke Amerika Serikat. Huawei juga mengungkapkan bahwa FedEx berusaha melakukan hal sama untuk dua paket lainnya yang berasal dari Vietnam. Parahnya, itu dilakukan tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Huawei mengatakan keempat paket itu hanya berisi dokumen, bukannya teknologi yang sejauh ini tengah menjadi pembicaraan hangat yang menjadi alasan retaknya hubungan Huawei dengan Amerika Serikat. Kendati begitu, Reuters melaporkan tidak bisa mengonfirmasi, baik catatan yang diberikan Huawei atau pun klaim mengenai isi paket tersebut.

Belum diketahui pula, apakah hal ini merupakan buntut dari memburuknya hubungan Huawei dengan Amerika Serikat, terutama setelah pemerintah AS memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam. Pasalnya, Huawei juga masih bungkam terkait alasan mengapa paket-paket tersebut dialihkan.

Untuk diketahui, dua paket yang dikirim dari Tokyo untuk Huawei di Cina justru berakhir di Memphis, Tennessee, tepatnya di kantor service Huawei di Amerika Serikat. Berdasarkan tangkapan gambar informasi pengiriman yang diberikan Huawei, kiriman itu sampai pada 23 Mei.