Ketika Mission: Impossible - Fallout jadi receh karena Plutonium

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Selasa, 31 Jul 2018 04:29 WIB

Nama plutonium sering disebutkan di Mission: Impossible - Fallout tapi penyajiannya tidak masuk akal dan bertentangan dengan sains

Cuplikan Mission: Impossible - Fallout (Paramount PIctures)

Kemarin saya baru saja menyaksikan film Mission: Impossible - Fallout yang memang baru diputar di bioskop belakangan ini. Film ini boleh dikatakan cukup menarik, apalagi Anda sangat gemar menonton film action tanpa harus memutar otak, mencari kedalaman plot, atau mengungkap misteri dan easter egg di dalam film. Sederhananya, menonton film ini mirip dengan ketika Anda menonton Marvel Avengers.

Berbekal racikan standar Holywood, M:I-Fallout hadir dengan adegan aksi yang menegangkan dan penuh dengan "tipu muslihat" ekstrem ala agen rahasia yang sebenarnya tidak ada di dunia nyata (kalau tidak percaya silahkan tonton film Hunt for the Red October dan saksikan bagaimana Jack Ryan yang merupakan seorang agen intelijen AS bekerja).

Hampir semua orang di bioskop saat itu terkagum-kagum dengan aksi Tom Cruise yang memang terlihat menakjubkan dan menegangkan. Tetapi bagi saya, film ini terlihat "receh". Penyebab utamanya? Plutonium. 

Tom Cruise alias Ethan alias Hunt bakal berurusan banyak dengan elemen ini di dalam film yang berperan sebagai "bahan bakar" bom nuklir milik teroris. Tapi sang sutradara tampaknya tidak begitu mengerti apa itu plutonium dan hal tersebut tergambarkan dengan sangat jelas di dalam film.