Kenapa Oppo berhasil jungkalkan Samsung di Indonesia?

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Senin, 18 Nov 2019 16:28 WIB

Samsung berada di posisi ketiga pada laporan Indonesia Top 5 Smartphone Companies pada Q3 2019 dari IDC, begini alasannya.

Source: Android Police

IDC telah mengungkapkan data terkait Indonesia Top 5 Smartphone Companies pada Q3 2019. Dalam laporan tersebut, Samsung turun ke posisi ketiga, dengan 19,4 persen pangsa pasar. 

IDC mengatakan, posisi Samsung tergusur oleh merek-merek smartphone yang berbasis di Tiongkok. IDC menyebutkan, alasan Samsung kehilangan pangsa pasar signifikan tersebut karena penyegaran seri Galaxy A yang datang terlalu cepat, sehingga membuat pengiriman smartphone Samsung untuk seri terbaru tidak banyak seperti sebelumnya. 

"Setelah seri A terbaru (Galaxy A10, Galaxy A20, Galaxy A30, dan Galaxy A50) sukses meningkatkan performa penjualan Samsung pada awal tahun ini. Kemudian, Samsung meluncurkan versi upgrade-nya di kuartal ke-3 ini, yaitu versi Galaxy A10s, Galaxy A50s, dan lainnya. Namun peluncuran versi terbaru itu dinilai terlalu cepat dan dengan membawa upgrade fitur serta spesifikasi yang tidak signifikan. Hal ini menyebabkan shipment Samsung untuk seri baru tersebut tidak sebesar sebelumnya, yang menyebabkan pengiriman Samsung secara keseluruhan juga menurun," kata Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian kepada tek.id.

Pada kuartal ketiga tahun 2019 ini, Galaxy A50s dan A2 Core yang menjadi seri smartphone yang paling banyak dikirim oleh Samsung.