Oppo geser Samsung, di pangsa pasar smartphone teratas Indonesia

Samsung yang lama menguasai pangsa pasar smartphone Indonesia kini tergeser oleh Oppo. Konsistensi Oppo menelurkan produk smartphone menengah ke atas, membuat mereka meraih pangsa pasar tertinggi.

Perusahaan riset konsumen global, Canalys telah merilis laporan penelitian terbaru mereka terkait pangsa pasar smartphone di Indonesia untuk periode kuartal kedua tahun 2019. Pada laporan terbarunya, Oppo memimpin pangsa pasar smartphone Indonesia untuk pertama kalinya. Mereka kini telah menguasai persentase pangsa pasar sebesar 26 persen. Sementara pertumbuhan tahun ke tahun Oppo tercatat meningkat 54%.

“Tentunya menjadi sebuah kebanggaan kami dapat meraih posisi pertama dalam marketshare penjualan smartphone di Indonesia pada kuartal kedua ini, dukungan terbesar dari konsumen dan O-fans lah yang membuat kami dapat meraih posisi ini. Dari data internal lini seri A dan F memang menjadi faktor pendorong kenaikan marketshare pada kuartal kedua, beberapa tipe seperti A1k, A5s , F11, F11 Special Online Edition, dan F11Pro memberikan kontribusi besar terhadap angka pangsa pasar di kuartal ini,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.


BACA JUGA

Adu gesit Oppo VOOC 3.0 vs Qualcomm Quick Charge 4+

Ini wujud kolaborasi apik antara teknologi dan karya seni

Launching kemarin, sekarang Oppo K3 sudah habis terjual


Menurut Aryo, strategi Oppo untuk menguasai pasar kelas menengah di tanah air sudah cukup tepat. Apalagi, komitmen Oppo  terus menghadirkan fitur-fitur perangkat kelas premium ke perangkat kelas menengah mereka, agaknya menjadi sebuah kunci kesuksesan Oppo untuk menguasai pasar Indonesia. Pendekatan dari sisi desain dan penyajian warna perangkat yang tampil berbeda juga menjadi daya tarik utama untuk menggaet konsumen muda yang menjadi target pasar Oppo di Indonesia.

“Kami merasa strategi kami yang sangat kuat pada jaringan luring juga menjadi penyebab mengapa Oppo bisa mendapat pencapain seperti ini. Kemudian, yang menjadi fokus kami ke depan adalah bagaimana menyajikan layanan purna jual yang terbaik kepada konsumen kami, sehingga nantinya kami dapat mempertahankan marketshare kami di pasar Indonesai.” Tutup Aryo.

Selain Oppo, Realme juga merangsek naik menuju ke lima besar penguasa pangsa pasar smartphone tanah air. Ini merupakan prestasi juga bagi sub-brand Oppo tersebut yang belum genap setahun memasuki pangsa pasar smartphone Indonesia. Samsung sendiri menurut data di atas bersaing ketat dengan pangsa pasar Oppo.

Samsung memang kini giat memasuki pangsa pasar smartphone kelas menengah dengan rebranding Galaxy A mereka. Mengingat pangsa pasar kelas menengah ini terbilang pasar yang sangat ketat persaingannya. Tidak kurang dari sembilan seri Galaxy A dari Samsung mencoba merebut perhatian konsumen sejak rilis Galaxy A10 pada awal April 2019. Sementara Oppo fokus dengan seri F sebelum akhirnya menelurkan seri Reno dan K3 di kelas menengah ke atas.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: