Kemenkominfo akan perbaiki SOP Internet Positif

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 09 Mar 2018 12:15 WIB

Kemenkominfo ingin konten maupun iklan yang tayang dalam internet positif juga bernilai positif bagi masyarakat

Foto: Reviewxp

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berupaya menangkal konten negatif di internet. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan page Internet Positif yang akan mengalihkan pengguna pada konten yang lebih baik.

Laman internet positif sendiri dikelola oleh Internet Service Provider (ISP) masing-masing, sesuai dengan layanan jaringan yang digunakan oleh masyarakat. Sayangnya, internet positif pun tak luput dari konten yang membuat pengguna tak nyaman.

Hal ini mulanya ramai dibincangkan di Twitter. Akun @lantip mencuitkan keluhannya akibat situs Tumbr yang diblokir Kemenkominfo. Alih-alih menangkal konten negatif, tindakan yang dilakukan Kemenkominfo justru kembali menyeret pengguna menikmati konten yang dirasa tak nyaman.

 

dear @kemkominfo tiap kali laman diblokir, saya selalu dialihkan ke laman internetpositif. Di laman itu ada google ads, kemanakah uangnya mengalir?

Apakah negara memang berkontribusi memperkaya satu orang dengan memaksa seluruh warga mengakses lamannya? pic.twitter.com/TeIiWNwNAu