Kata para YouTuber Indonesia soal IGTV

Oleh: Erlanmart - Jumat, 22 Jun 2018 18:57 WIB

Di sini, tim Tek.id ingin mengetahui langsung bagaimana tanggapan YouTuber seputar hadirnya IGTV yang menghadirkan durasi video lebih panjang

Source: popsugar.au

Baru-baru ini Instagram membuat keputusan yang bisa dibilang mengagetkan lantaran akan menghadirkan sebuah platform baru bernama IGTV. Video yang dihadirkan pada aplikasi ini akan memiliki durasi selama 60 detik. Saat ini, platform berbagi video paling terkenal adalah YouTube yang terlebih dahulu menghadirkan durasi video berjam-jam demi menyediakan wadah untuk para konten kreator.

Tim Tek.id berhasil menghubungi salah satu content creator YouTube Danang Arradian dan ingin mengetahui langsung bagaimana tanggapannya soal IGTV yang kini memiliki durasi waktu lebih panjang. Pria yang memiliki channel YouTube bernama “Cakdan” tersebut beranggapan bahwa Instagram tidak ingin pengguna pergi dari aplikasinya ke YouTube. “IG ingin aplikasi mereka jadi destinasi user untuk nonton konten video lebih panjang,” kata Cakdan. Dia juga menyatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan induk Facebook yang juga baru mengenalkan Facebook Watch.

Source: Channel YouTube Cakdan

Selain itu, Cakdan menyatakan bahwa 5 tahun ke depan diprediksi video akan memakan konsumsi data hingga 80 persen. YouTube dan Facebook juga telah memanfaatkan video untuk pemasukan iklan. Oleh karena itu, Instagram ingin bagian dari tren tersebut. Itulah mengapa durasi video harus lebih panjang. Ketika tim Tek.id bertanya apakah dia akan beralih ke platform IGTV atau tetap setia pada YouTube, Cakdan menjelaskan kemungkinan tidak akan beralih sepenuhnya.