Kata pakar soal M3GAN, mungkinkah jadi nyata?

Oleh: Zhafira Chlistina - Minggu, 22 Jan 2023 09:07 WIB

Katie Darling dari MIT Media Lab mengomentari apakah teknologi AI yang ditampilkan di M3GAN dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

Seorang ilmuwan dan pakar etika teknologi MIT menanggapi fenomena M3GAN dan apakah teknologi AI-nya dapat menjadi nyata. Diproduksi oleh James Wan dan Jason Blum, film ini mengisahkan boneka AI yang dirancang untuk melindungi Cady (Violet McGraw) yang baru saja menjadi yatim piatu.

Dilansir dari The Guardian (21/1), Katie Darling dari MIT Media Lab mengomentari apakah teknologi AI yang ditampilkan di M3GAN dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Darling menyatakan bahwa tingkat kecanggihan tidak mungkin dikembangkan dalam waktu dekat.

"Saya rasa kita tidak akan memiliki sesuatu yang setingkat AI canggih itu (M3GAN) dalam satu atau dua dekade mendatang. Orang-orang benar-benar melenceng dari harapan tentang apa yang dapat dilakukan robotika pada saat ini, berkat film seperti ini," ujar Darling. 

Kenapa M3GAN sangat meresonansi penonton?

M3GAN terasa sangat relevan karena kemajuan ilmiah beberapa tahun terakhir. Penemuan yang agak mirip dengan boneka M3GAN ada di kehidupan nyata, dalam bentuk iPal: robot pengasuh yang diluncurkan 2017, dan mampu menari, menyayi, serta menjawab pertanyaan.