sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Minggu, 22 Jan 2023 09:07 WIB

Kata pakar soal M3GAN, mungkinkah jadi nyata?

Katie Darling dari MIT Media Lab mengomentari apakah teknologi AI yang ditampilkan di M3GAN dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

Kata pakar soal M3GAN, mungkinkah jadi nyata?

Seorang ilmuwan dan pakar etika teknologi MIT menanggapi fenomena M3GAN dan apakah teknologi AI-nya dapat menjadi nyata. Diproduksi oleh James Wan dan Jason Blum, film ini mengisahkan boneka AI yang dirancang untuk melindungi Cady (Violet McGraw) yang baru saja menjadi yatim piatu.

Dilansir dari The Guardian (21/1), Katie Darling dari MIT Media Lab mengomentari apakah teknologi AI yang ditampilkan di M3GAN dapat diwujudkan dalam waktu dekat. Darling menyatakan bahwa tingkat kecanggihan tidak mungkin dikembangkan dalam waktu dekat.

"Saya rasa kita tidak akan memiliki sesuatu yang setingkat AI canggih itu (M3GAN) dalam satu atau dua dekade mendatang. Orang-orang benar-benar melenceng dari harapan tentang apa yang dapat dilakukan robotika pada saat ini, berkat film seperti ini," ujar Darling. 

Kenapa M3GAN sangat meresonansi penonton?

M3GAN terasa sangat relevan karena kemajuan ilmiah beberapa tahun terakhir. Penemuan yang agak mirip dengan boneka M3GAN ada di kehidupan nyata, dalam bentuk iPal: robot pengasuh yang diluncurkan 2017, dan mampu menari, menyayi, serta menjawab pertanyaan.

Apalagi, film ini rilis setelah dunia dihebohkan oleh rilis chatbot AI pintar dari OpenAI, ChatGPT, pada November 2022 lalu. Dengan penyimpanan data dan aplikasi pengetahuan yang luar, prototipe ini adalah salah satu dari banyak versi yang akan datang.

Sementara kemajuan AI sebagian besar disertai dengan kegembiraan dan keingintahuan, hal itu juga memicu kekhawatiran dan kecemasan yang semakin meningkat. Salah satu masalah yang menjadi perhatian Darling adalah kemungkinan bahwa AI dapat mengakali dan menentang pembuatnya. layaknya M3GAN

Robot yang diciptakan oleh Gemma (Allison Williams) itu memiliki tujuan utama yang terlalu jauh, melukai secara fatal apapun atau siapapun yang dianggap sebagai ancaman. Dia bahkan mencoba mengambil alih peran Gemma sebagai satu-satunya wali Cady, dan bahkan hampir membunuh keduanya.

Meskipun Darling menunjukkan bahwa film tersebut menggambarkan ekspektasi AI yang tidak realistis dan berlebihan, dia tidak menyangkal konsep di dalamnya dapat terwujud pada suatu waktu di masa depan. 

Kemungkinan M3GAN menjadi nyata dan kecemasan yang ditimbulkannya masih jauh dari era digital yang ada saat ini. Di sisi lain, sekuel M3GAN sudah dikonfirmasi akan tayang pada 17 Januari 2025.

Share
×
tekid
back to top