Kata Facebook terkait matinya layanan mereka kemarin

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 15 Mar 2019 13:52 WIB

Pihak Facebook berdalih bahwa mereka sedang melakukan pemeliharaan konfigurasi server ketiga layanan mereka.

Facebook (Pexels)

Warganet di seluruh dunia mengeluhkan tiga layanan milik Facebook, yakni WhatsApp, Instagram, dan Facebook sendiri yang mengalami gangguan. Hal ini terjadi hampir satu hari penuh, pada Kamis (14/3).

Selama kejadian itu, pihak Facebook pun bungkam dan memilih untuk tidak memberikan penjelasan apapun. Barulah setelah mereka mengetahui penyebab masalah ini dan memperbaikinya, perwakilan Facebook memberikan sebuah keterangan.

Dalam sebuah postingan resmi, mereka mengatakan bahwa kejadian ini terjadi karena adanya konfigurasi server. Mereka menampik adanya kabar mengenai kebocoran rute jaringan dari ketiga layanan media sosial mereka tersebut.

Seperti dikutip dari laman Tech Crunch (15/3), Facebook menjabaarkan alasannya, "Kemarin, sebagai akibat dari perubahan konfigurasi server, banyak orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan layanan kami. Kami sekarang telah menyelesaikan masalah dan sistem kami pulih. Kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan ini dan menghargai kesabaran semua orang," kata perwakilan Facebook.

Situs pendeteksi layanan online Downdectector menyatakan, jutaan orang terkena dampak akibat perbaikan sistem tersebut.