Jaringan seluler di Indonesia kedua tercepat se-Asia Tenggara

Oleh: Lely Maulida - Senin, 04 Feb 2019 15:05 WIB

Malaysia meraih predikat negara dengan jaringan seluler yang cepat dan konsisten di Asia Tenggara, disusul Indonesia dan Filipina.

(Foto: ABC News)

Malaysia meraih predikat negara dengan jaringan seluler yang cepat dan konsisten di Asia Tenggara. Perolehan predikat itu membawa Malaysia melampaui Indonesia, Thailand dan Filipina. Kesimpulan ini berdasarkan pada riset yang dilakukan perusahaan pengukur kualitas jaringan seluler, Tutela.

Menurut laporan itu, Malaysia memiliki kecepatan rata-rata unduh tercepat yakni 11,1Mbps, termasuk pada jaringan 3G maupun 4G. Skor terendahnya tercatat dimiliki oeprator U Mobile dengan kecepatan 4,3Mbps. Sementara operator Malaysia lainnya memiliki kecepatan rata-rata 14,8Mbps untuk Celcom, 13,3Mbps untuk Maxis, dan 13.6Mbps untuk Maxi.

Posisi kedua ditempati Indonesia dengan kecepatan rata-rata 8,3Mbps. Filipina berada di posisi ketiga dengan rata-rata 8,1Mbps. Sementara Thailand mencatat rata-rata 6Mbps sehingga berada di posisi keempat.

Untuk konsistensi, Tutela menguji seberapa sering jaringan seluler mencapai tolok ukur kecepatan 4Mbps (download) dan 2Mbps (upload) hingga latensi kurang dari 50 milidetik. Malaysia kembali berada di posisi pertama dengan persentase 56,9% memenuhi tolok ukur yang ditentukan. Posisi kedua ditempati Thailand (45,3%), Indonesia (40,1%) dan Filipina (33,3%).