Tak kalah bersaing, ini 4 merek smartphone asli Indonesia

Oleh: Litalia Putri - Senin, 15 Agst 2022 11:44 WIB

Selain berbagai merek dari luar negeri, ternyata beberapa produk smartphone di pasaran Indonesia adalah milik brand lokal.

Pixabay

Di Indonesia, industri smartphone dan perangkat pintar lainnya tampaknya masih didominasi oleh berbagai produk asing seperti Xiaomi, Apple hingga Samsung. Meski begitu, ternyata ada juga beberapa produk milik brand lokal yang turut meramaikan pasar smartphone di Tanah Air. 

Melihat persaingan pasar smartphone di kota-kota besar yang sangat sengit, beberapa brand lokal ini tampaknya lebih memilih untuk menghadirkan produk-produk mereka di kota tingkat kedua hingga ketiga. Selain karena menghadirkan produk dengan harga yang lebih murah, peminat di kota-kota kecil tersebut juga masih lebih banyak jika dibandingkan dengan di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. 

Bisa dibilang, smartphone merek lokal ini biasanya hadir dengan harga yang terjangkau dan dilengkapi spesifikasi yang memadai untuk aktivitas sehari-hari. Sehingga produk ini lebih diminati oleh kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. 

Lantas, apa saja sih merek smartphone lokal yang selama ini turut meramaikan pasar ponsel di Tanah Air? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Advan