Intel perkenalkan jajaran GPU Intel Xe

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 20 Nov 2019 06:44 WIB

Mereka akan memiliki total tiga jajaran GPU di keluarga Intel Xe, yakni Intel Xe LP , Intel Xe HP, serta Intel Xe HPC.

Wccftech

Intel baru saja meluncurkan rincian terbaru dari produk berbasis arsitektur GPU Xe dalam acara HPC Developer Conference. Para penggemar teknologi sudah sangat menantikan detail mengenai produk tersebut.

Kepala Arsitek dan Manajer Umum Arsitektur Intel, Raja Koduri, mengungkapkan peta jalan arsitektur pertama untuk arsitektur grafis pertama Intel yang dikenal sebagai Xe dan lini produk masing-masing yang akan disematkan di dalamnya.

Intel mengungkapkan, mereka berencana menawarkan tiga mikroarsitektur yang berasal dari Xe, yakni Intel Xe LP (Integrated + Entry), Intel Xe HP (Menengah, Penggemar, Pusat Data / AI), serta Intel Xe HPC (HPC Exascale).

Pembagian kemampuan dari GPU ini ada pada namanya, seperti 'LP' adalah Low-Power sedangkan 'HP' adalah High-Performance. Sedangkan HPC ditujukan untuk Komputasi Kinerja Tinggi.

Disebutkan bahwa Xe LP hanya memerlukan daya sekitar 5W-20W, namun mereka dapat menarik daya hingga 50W. Sedangkan untuk Intel Xe HP, memerlukan daya sekitar 75W-250W. Sementara itu, Xe HPC akan memerlukan daya yang lebih tinggi lagi.