Intel klaim prosesor selanjutnya kebal Meltdown dan Spectre

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Sabtu, 27 Jan 2018 19:00 WIB

Intel mengklaim prosesor dengan arsitektur Cannon Lake dan Ice Lake bakal bebas dari ancaman Meltdown serta Spectre.

Sejak ancaman keamanan Meltdown dan Spectre terpublikasi, Intel pun menjadi sorotan. Hal tersebut konsekuensi dari banyaknya jajaran produk Intel yang terkena dampak Meltdown dan Spectre. Dua ancaman keamanan tersebut memang memanfaatkan celah keamanan di arsitektur CPU, sehingga banyak pihak yang menyalahkan Intel karena dianggap membuat prosesor dengan arsitektur yang tidak aman.

Meski demikian, Intel sudah membuat pernyataan resmi. Menurut mereka semua produk prosesor yang dibuatnya bekerja sesuai dengan tujuannya masing-masing dan menyangkal adanya cacat pada arsitekturnya. Selain itu, Intel juga berusaha menenangkan publik dengan merilis patch khusus untuk menambal celah keamanan tersebut. Intel juga baru saja mengumumkan, jajaran prosesor baru mereka bakal kebal dari Meltdown dan Spectre.

CEO Intel, Brian Krzanich menyampaikan langsung hal ini, melalui laporan finansial Intel terbaru. Menurut HotHardware, Krzanich mengatakan, pihaknya sedang mengembangkan arsitektur baru yang bakal kebal terhadap dua ancaman keamanan tersebut.

"Keamanan merupakan prioritas utama kami. Dalam jangka waktu dekat, kali ini kami akan fokus mengembangkan arsitektur baru yang akan melindungi konsumen kami terhadap dua celah keamanan tersebut," kata Krzanich.