Intel dan Kemendikbud resmikan program Intel AI for Youth

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 13 Agst 2020 09:00 WIB

Baik pihak Intel dan Kemendikbud ingin mendorong peningkatan kualitas pendidikan dengan cara memperkenalkan AI sebagai dasar dari Industri 4.0 yang akan diadaptasi di Indonesia.

Intel dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja secara resmi bekerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Keduanya berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan teknologi.

Kedua belah pihak secara resmi memperkenalkan program Intel AI for Youth serta Orbit Future Academy. Program ini bertujuan untuk memperluas kesiapan akan kecerdasan buatan (AI) di sekolah negeri.

Tujuan ini selaras dengan tujuan penerapan industri 4.0 yang digalakan oleh Kementerian Perindustrian. Untuk menggelar kedua program tersebut, mereka akan membaginya ke dalam beberapa tahap.

Pada program tahap pertama, 100 siswa dan 40 guru dari 20 sekolah terpilih dari seluruh Indonesia akan menggunakan prinsip dan teknik yang mereka pelajari dari program AI for Youth dalam mengembangkan solusi berbasis teknologi. 

Tiap-tiap sekolah diharapkan mampu mengembangkan solusi untuk memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi sekolah dan masyarakat di masa pandemi Covid-19 melalui penggunaan AI.