Intel akan kesulitan produksi prosesor tahun ini

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 13 Mar 2019 18:23 WIB

Intel dikabarkan mengalami kendala dalam memproduksi prosesor 14nm mereka, yang diperkirakan akan mempengaruhi penjualan laptop.

Intel (Pcgamesn)

Intel kembali menemukan tembok besar dalam memproduksi prosesor mereka. Meskipun baru-baru ini mereka baru menyandang titel pabrikan semikonduktor paling laku sepanjang 2018, namun saat ini mereka sedang mengalami masalah.

Dalam sebuah kabar terbaru, diketahui bahwa Intel mengalami kendala dalam memproduksi prosesor 14nm mereka. Hal ini membuat pasokan prosesor tersebut akan sangat terbatas sepanjang kuartal kedua 2019.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa kesenjangan pasokan CPU Intel diperkirakan akan menyusut antara 2 persen hingga 3 persen pada kuartal tersebut. Hal ini akhirnya akan menyebabkan kekurangan dua jajaran produk unggulan utama yang ditawarkan Intel.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa jajaran prosesor desktop dan server Intel dihantam oleh kendala pasokan 14nm. Intel pun kemudian memprioritaskan produksi komponen server yang lebih tinggi daripada CPU konsumen mainstream.

Wccftech (13/3/2019) melaporkan, ada juga laporan mengenai adanya beberapa kesalahan perhitungan oleh OEM dan vendor yang berbasis di Taiwan. Hal ini menyebabkan kesenjangan pasokan prosesor Intel lebih dari 10 persen pada kuartal keempat 2018.