Instagram luncurkan kampanye #MonthofGood

Oleh: Dinda Ayu Widiastuti - Jumat, 24 Apr 2020 16:28 WIB

Instagram meluncurkan kampanye #MonthofGood atau #BulanPenuhKebaikan, untuk membantu pengguna tetap menjalankan tradisi Ramadan mereka meskipun harus berada #dirumahaja.

Source: Instagram

Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi secara global, perayaan Ramadan tahun ini menjadi sedikit berbeda. Instagram berkomitmen untuk membantu para pengguna tetap dapat menjalankan tradisi Ramadan mereka meskipun harus berada #dirumahaja dengan meluncurkan kampanye #MonthofGood atau #BulanPenuhKebaikan.

Melalui kampanye #MonthofGood ini, Instagram mengajak seluruh penggunanya untuk mengerjakan hal-hal yang baik, serta berbagi kebaikan dengan orang dan kerabat terdekat mereka di Instagram. Instagram juga meluncurkan AR Filter Ramadan pertama di Indonesia bertema “Rayakan di Instagram”, yang mulai tersedia pada tanggal 23 April 2020.

Diketahui AR Filter Ramadan pertama ini merupakan hasil kerja sama Instagram dengan kreator lokal muda Noorman Fakhrizal (@karetsatu), di mana dia menciptakan dua buah AR filter RAYAkandiInstagram. Melalui peluncuran AR Filter ini, Instagram ingin mengajak para pengguna untuk tetap bisa mengekspresikan diri, berbagi kebaikan, bersilaturahmi secara virtual, dan menjalankan tradisi Ramadan dengan cara yang menyenangkan. 

"Data internal Instagram menunjukkan bahwa penggunaan kata 'donasi' di Indonesia telah meningkat hingga 300 persen selama sebulan terakhir menjelang bulan suci Ramadan tahun ini. Hal inilah yang menjadi salah satu inspirasi kami untuk meluncurkan kampanye #MonthOfGood tahun ini. Kami ingin mendorong pengguna semakin gencar berbagi konten kebaikan yang bersifat gotong-royong dan kolaborasi terutama di tengah pandemi seperti ini," kata Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi.