Ini tantangan operator seluler gelar jaringan 5G

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 19 Des 2020 11:40 WIB

Terdapat tiga operator seluler yang memenangkan lelang frekuensi, yakni PT Smart Telecom (Smartfren), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Hutchison 3 Indonesia.

Source: Wccftech

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengumumkan pemenang lelang frekuensi pada rentang 2.360 – 2.390 MHz yang akan digunakan untuk penyelenggaraan jaringan 5G di Indonesia.

Terdapat tiga operator seluler yang memenangkan lelang frekuensi tersebut, yakni PT Smart Telecom (Smartfren), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT Hutchison 3 Indonesia. Sesuai penjelasan di dalam dokumen seleksi, Objek Seleksi pita frekuensi radio 2,3 GHz pada rentang 2.360 – 2.390 MHz terdiri atas tiga blok pita frekuensi radio. Hasilnya, ditetapkan Smartfren mendapatkan blok A, 3 Indonesia blok B dan Telkomsel blok C.

Jika dibandingkan dengan jaringan 4G, 5G akan memiliki kecepatan hingga 100 kali lebih cepat pada 10Gbps. Artinya, ketika kamu mengunduh film berdurasi dua jam, akan memakan waktu enam menit dengan 4G. Namun secara teoritis, akan membutuhkan waktu kurang dari empat detik untuk mengunduhnya di atas jaringan 5G.

Tentu saja ada beberapa tantangan bagi operator untuk membangun jaringan 5G di Indonesia dan negara lainnya. Dilansir dari futurithmic (19/12), berikut adalah tantangannya:

1. Pita frekuensi