Ini purwarupa iPhone pertama, tak berbentuk smartphone

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 19 Mar 2019 08:12 WIB

Purwarupa papan iPhone pertama ini menjadi penanda bagaimana Steve Jobs sangat menjaga rahasia mengenai apa yang sedang mereka kerjakan.

Purwarupa papan iPhone pertama (The Verge)

Siapa sih yang tak kenal dengan iPhone? Ya, smartphone revolusioner ini pertama kali diluncurkan pada 9 Januari 2007 oleh salah satu pendiri dan CEO Apple saat itu, yakni Steve Jobs.

Kala itu, Jobs memegang perangkat yang sangat kecil, ringkas, mudah digunakan dan dapat dibawa kemana-mana. Namun tahukah Anda jika sebenarnya dalam purwarupa dari iPhone, Jobs tidak merepresentasikan sebuah ponsel, melainkan lebih terlihat seperti motherboard komputer.

Ya, purwarupa yang dikenal sebagai “M68” and “Purple 2” tersebut baru-baru ini dipublikasikan oleh The Verge (20/3/2019). Dalam pernyataannya, purwarupa yang dikerjakan selama dua tahun tersebut memang sangat dirahasiakan Jobs.

Diketahui, Apple mengembangkan purwarupa ini sebagai sampel uji validasi teknik (EVT), untuk insinyur yang bekerja pada perangkat lunak dan bagian radio dari iPhone pertama. Para pengembang bahkan tidak tahu bentuk akhir dari iPhone.