Ini hal yang harus dilakukan saat laptop tersiram air

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 11 Apr 2020 09:36 WIB

Kasus perangkat tersiram kopi, air atau cairan lainnya dapat merusak perangkat Anda terlebih laptop. Lepas semua komponen yang dapat dilepas untuk menghindari kerusakan lebih dalam.

Source: Communtiy Computer Service

Perangkat teknologi sangat rentan dengan air, terlebih yang tidak memiliki kemampuan resistensi terhadap air. Apabila perangkat tersebut tersiram air atau hanya terkena beberapa tetesan, itu dapat memberi dampak besar yang mengakibatkan kerusakan atau korsleting. Langkah pertama yang benar ketika perangkat kalian terkena air adalah matikan seluruh mesinnya. Misal, jika laptop ketumpahan kopi, langsung tekan tombol off hingga laptop mati total. Waktu sangat berharga dalam kondisi ini, jadi sebisa mungkin Anda harus cepat mengambil langkah.

Jika suatu saat laptop Anda tersiram kopi yang sedang Anda nikmati saat WFH, berikut langkah yang benar untuk menanggulangi kerusakan.

Langkah 1: Lepaskan semua komponen yang mudah dilepas. Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati. Mouse, kabel-kabel yang terpasang, dan flashdisk misalnya, semuanya harus dikeluarkan dari laptop Anda. Gunakan obeng untuk membuka komponen seperti hard-drive.

Langkah 2: Keringkan bagian luar mesin, buka laptop sedalam mungkin, dan bersihkan permukaan basah yang Anda lihat dengan handuk atau kain penyerap bebas serat,