Ini dia daftar perusahaan yang hentikan kerjasama dengan Huawei

Oleh: Erlanmart - Jumat, 24 Mei 2019 07:24 WIB

Salah satu raksasa elektronik asal China, Huawei, telah masuk ke dalam daftar hitam lantaran Presiden Donald Trump menandatangani perintah eksekutif.

Source: Kevin Frayer Getty Images via Fortune

Beberapa waktu lalu pemerintah Amerika Serikat memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam. Banyak perusahaan memutuskan hubungan dengan perusahaan itu. Presiden Donald Trump telah menandatangani perintah eksekutif yang menyatakan keadaan darurat sehingga memungkinkan Huawei dianggap sebagai risiko kemanan nasional.

Dengan demikian Departemen Perdagangan AS menempatkan perusahaan asal China tersebut pada “daftar entitas”. Dilansir dari Business Insider (23/5), berikut adalah perusahaan besar yang memutuskan hubungan bisnis dengan Huawei.

Google

Tidak lama setelah Huawei masuk daftar hitam oleh pemerintah AS, Google mengumumkan akan mencabut akses perusahaan tersebut untuk layanan Android mereka. Bloomberg melaporkan, Google telah memutuskan pasokan ke hardware maupun software. Ini merupakan pukulan telak bagi Huawei, karena semua ponselnya menjalankan sistem operasi Google Android. Dengan demikian jutaan pelanggan Huawei bisa-bisa kehilangan akses ke pembaruan keamanan dan mengalami gangguan lainnya.

Setelah Departemen Perdagangan memberi Huawei penangguhan 90 hari sebelum larangan sepenuhnya dimulai, Google mengatakan telah menunda penangguhan Android-nya. Huawei telah bekerja untuk membuat sistem operasi sendiri sebagai “rencana cadangan” selama bertahun-tahun. Meski hal tersebut masih minim informasi, seorang eksekutif mengatakan kepada CNBC bahwa ia siap untuk Cina pada sekitar bulan September ini, dan untuk seluruh dunia pada kuartal pertama atau kedua tahun depan.