Indonesia siapkan pita frekuensi 700MHz untuk jaringan 5G

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 10 Jun 2022 16:18 WIB

Direktur Penataan Sumber Daya Kominfo, Dr. Denny Setiawan, ST, MT mengumumkan bahwa Indonesia pada awalnya akan gunakan pita frekuensi 700MHz untuk jaringan 5G.

Indonesia saat ini masih terus menentukan penentuan penggunaan pita frekuensi untuk jaringan 5G. Beberapa rentang pita frekuensi pun sudah dipersiapkan, namun belakangan ini semakin jelas pita jaringan mana yang akan secara resmi digunakan oleh pemerintah.

Dalam siaran pers yang diterima oleh redaksi Tek.id (10/6), Direktur Penataan Sumber Daya Kominfo, Dr. Denny Setiawan, ST, MT mengumumkan satu pita frekuensi yang akan digunakan. Tampaknya, kita akan menggunakan pita frekuensi rendah 700MHz untuk jaringan 5G.

Hal ini diungkapkan Denny pada acara The 8th Asia Pacific Spectrum Management Conference yang baru-baru ini digelar di Bangkok, Thailand. Tentu saja, ini merupakan sebuah lampu hijau bagi operator seluler untuk menggelar jaringan 5G di lokasi yang lebih luas.

Akan tetapi, Denny juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah melakukan proses refarming dan reassignment untuk 5G pada pita frekuensi sedang 3,5GHz. Untuk pita frekuensi ini direncanakan untuk meluncur pada 2023 mendatang.

Tak ketinggalan, ada juga wacana untuk penggunaan pita frekuensi yang lebih tinggi, yakni 6GHz dan 4,9GHz untuk IMT 5G. Tapi, untuk pita frekuensi ini baru akan diputuskan setelah WRC-23.