IDC: Xiaomi jadi produsen smartphone terbesar kedua di dunia

Oleh: Erlanmart - Senin, 02 Agst 2021 08:24 WIB

Pabrikan yang duduk di urutan teratas adalah Samsung dengan volume pengiriman 59 juta unit, 4 juta lebih banyak dari yang dikirimkan pada kuartal yang sama pada 2020.

Source: IDC via Gizmochina

Xiaomi kini menjadi produsen ponsel terbesar kedua di dunia dalam hal pangsa pasar. Pabrikan ini menyalip Apple menyusul rilis laporan Canalys Research. Sekarang, firma analis lain, IDC, juga merilis laporannya dan mengonfirmasi peringkat Xiaomi meskipun dengan angka yang berbeda.

Laporan IDC mencantumkan 5 perusahaan ponsel teratas di dunia untuk kuartal kedua 2021, dan memberikan peringkat berdasarkan volume pengiriman, pangsa pasar, dan pertumbuhan dari tahun ke tahun.

Dilansir dari Gizmochina (2/8), pabrikan yang duduk di urutan teratas adalah Samsung dengan volume pengiriman 59 juta unit, 4 juta lebih banyak dari yang dikirimkan pada kuartal yang sama pada 2020. Namun, meskipun telah mengirimkan lebih banyak unit, pangsa pasarnya turun dari 19,5%, menjadi 18,8%.

Pada posisi kedua adalah Xiaomi dengan 53,1 juta unit yang dikirimkan, serta pangsa pasar 16,9%. Ini adalah lompatan besar dari 28,5 juta unit yang dikirim pada periode tahunan (YoY) dan dari pangsa pasarnya sebesar 10,3%. IDC menyatakan Xiaomi telah mencatatkan pertumbuhan sebesar 86,6%.

Apple menjadi perusahaan ponsel terbesar ketiga dengan 44,2 juta unit dan pangsa pasar 14,1%. Perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut mengalami pengiriman dan pangsa pasarnya naik masing-masing 27,6 juta dan 13,6% YoY.