IC Insights : Intel kembali rajai pasar semikonduktor

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 21 Mei 2019 12:33 WIB

Samsung harus mengakui kekalahan mereka karena pasar DRAM milik Samsung selama satu tahun terakhir terus mengalami penurunan.

Ilustrasi wafer prosesor (Wccftech)

Intel dikabarkan kembali merajai pasar semikonduktor di seluruh dunia. Kali ini, klaim tersebut datang dari salah satu lembaga peneliti pasar bernama IC Insights. Mereka memperkirakan bisnis semikonduktor Intel kembali meningkat dikarenakan beberapa hal.

Mereka menjelaskan, selama satu tahun terakhir, kebutuhan pasar terhadap memori lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sedangkan penjualan prosesor dikabarkan tidak mengalami perlambatan.

Hal ini membuat pendapatan Samsung, yang memang fokus untuk menjual modul memori ketimbang prosesor menurun. Hal ini membuat Intel berhasil mendapatkan kembali posisi sebagai produsen semikonduktor nomor satu di dunia.

Menurunnya penjualan DRAM telah menyebabkan Samsung mengeluarkan peringatan pendapatan setelah mereka mengungkapkan kerugian 60 persen dalam laba. Banyak analis mengatakan akan ada kerugian dua digit di pasar. 

Samsung belum banyak berhasil mengerek penjualan komponen lain, seperti display dan sensor gambar. Hingga saat ini, 88 persen pendapatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut datang dari pasar DRAM.