IC Insights : Intel kembali rajai pasar semikonduktor

Samsung harus mengakui kekalahan mereka karena pasar DRAM milik Samsung selama satu tahun terakhir terus mengalami penurunan.

IC Insights : Intel kembali rajai pasar semikonduktor Ilustrasi wafer prosesor (Wccftech)

Intel dikabarkan kembali merajai pasar semikonduktor di seluruh dunia. Kali ini, klaim tersebut datang dari salah satu lembaga peneliti pasar bernama IC Insights. Mereka memperkirakan bisnis semikonduktor Intel kembali meningkat dikarenakan beberapa hal.

Mereka menjelaskan, selama satu tahun terakhir, kebutuhan pasar terhadap memori lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sedangkan penjualan prosesor dikabarkan tidak mengalami perlambatan.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

AMD Ryzen Threadripper 3000 akan dukung RAM quad-channel

Intel akan mulai jual Core i9-9900KS Oktober mendatang

Intel akui takluk dari AMD


Hal ini membuat pendapatan Samsung, yang memang fokus untuk menjual modul memori ketimbang prosesor menurun. Hal ini membuat Intel berhasil mendapatkan kembali posisi sebagai produsen semikonduktor nomor satu di dunia.

Menurunnya penjualan DRAM telah menyebabkan Samsung mengeluarkan peringatan pendapatan setelah mereka mengungkapkan kerugian 60 persen dalam laba. Banyak analis mengatakan akan ada kerugian dua digit di pasar. 

Samsung belum banyak berhasil mengerek penjualan komponen lain, seperti display dan sensor gambar. Hingga saat ini, 88 persen pendapatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut datang dari pasar DRAM.

Meskipun begitu, Wccftech (21/5/2019) menyebut, masih ada harapan bagi Samsung untuk kembali merebut tahta tersebut. Beberapa analis memperkirakan pasar akan dilanda rebound di Q3 dengan harga stabil. 

Namun, hal ini bukan sebuah hal yang pasti. Hal ini dikarenakan perang dagang antara Amerika dan China terus memanas. Hal ini akan membuat pasar mengalami ketidakpastian, termasuk juga di pasar semikonduktor.

Di sisi lain, IC Insight mengatakan bahwa Intel akan dapat mempertahankan tahtanya sepanjang 2019 ini.

“Sementara Samsung memegang peringkat satu tahun penuh pada tahun 2017 dan 2018, Intel diperkirakan akan dengan mudah merebut kembali peringkat nomor satu untuk tahun penuh 2019, posisi yang sebelumnya dipegangnya dari tahun 1993 hingga 2016,” kata pihak IC Insights.

“Dengan turunnya penjualan DRAM dan pasar flash NAND selama setahun terakhir, telah terjadi perubahan total, dengan Samsung memiliki 23 persen pangsa pasar semikonduktor lebih banyak pada kuartal pertama 2018, tetapi Intel memiliki 23 persen penjualan semikonduktor lebih banyak dari Samsung hanya satu tahun kemudian di 1Q19.”

Meskipun saat ini mereka memimpin pasar, namun ancaman dari pihak lain selain Samsung juga semakin nyata. Beberapa diantaranya seperti TSMC, yang saat ini semakin dicari para vendor untuk memproduksi prosesor 7nm.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: