Antara HDR10, HDR10+, dan Dolby Vision, mana format HDR terbaik?

Oleh: Erlanmart - Minggu, 17 Des 2023 06:24 WIB

Teknologi HDR telah menjadi istilah penting untuk dipertimbangkan saat membeli TV, karena teknologi ini menjadikan konten terlihat lebih baik.

Getty Images/gorodenkoff

High Dynamic Range (HDR) merupakan teknologi yang memungkinkan TV, monitor, proyektor, atau perangkat visual lain agar dapat menampilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk menampilkan detail yang lebih baik pada area terang dan gelap pada gambar, serta menyajikan rentang warna yang lebih luas. Warna putih akan lebih cerah dan warna hitam akan lebih pekat di layar.

Ada sejumlah format HDR yang berbeda. Namun di sini kita akan fokus pada tiga format teratas dalam hal ketersediaan secara luas: HDR10, Dolby Vision, dan HDR10+. Masing-masing format ini menghadirkan sesuatu yang berbeda dan dapat meningkatkan pengalaman menonton secara dramatis.

Dilansir dari Digitaltrends, dengan color gamut yang lebih luas dibandingkan Standard Dynamic Range (SDR), HDR membuka lebih banyak warna yang tidak dapat dihasilkan oleh TV selama bertahun-tahun. Hasilnya, HDR memungkinkan konten yang lebih realistis. SDR hanya dapat menampilkan sebagian kecil dari kedalaman warna yang dapat ditampilkan HDR. Misalnya, layar SDR hanya dapat menampilkan 256 warna merah, hijau, dan biru, sedangkan HDR dapat menampilkan 1.024 warna.

Agar konten HDR dapat ditampilkan, diperlukan TV berkemampuan HDR dan sumber konten HDR, baik itu pemutar media seperti Blu-ray player atau layanan streaming seperti Netflix, Disney+, dan lainnya.

Kualitas gambar