Hati-hati pemain Fortnite, ada malware berkedok cheat!

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Kamis, 22 Agst 2019 17:30 WIB

Dengan pemain berjumlah 250 juta, Fortnite menjadi target utama para kriminal siber untuk menyebarkan malware berbahaya bernama Syrk. 

Menurut data Statista, Fortnite memiliki 250 juta pengguna terdaftar. Dengan jumlah pemain sebanyak itu, selain menjadi fenomena global, Fortnite juga menjadi sasaran tembak oknum tidak bertanggung jawab.

Salah satu kerentanan yang terjadi dalam gim ini adalah, malware yang menjanjikan kemenangan tapi ternyata malah membuat data pemain hilang.

Peneliti spesialis keamanan cloud, Cyren, menemukan alat cheat, yang menjanjikan pemain untuk mengalahkan lawan. Dikenal banyak peneliti keamanan siber sebagai "Syrk" dengan nama file, "SidneyFortniteHacks.exe," merupakan ransomware, yang tersamarkan. 

Tujuan malware ini sebenarnya adalah, untuk mencurangi pengguna agar peretas bisa menguras uang gamer. Maharlito Aquino dan Kervin Alintanahin dari Cyren mengatakan, mereka menduga malware ini dibagikan melalui situs berbagi unduhan di forum pengguna Fortnite.

Modus penipuan penjahat siber di balik Syrk tidak sekedar menyamarkan malware sebagai alat bermain curang di Fortnite. Mereka juga menyamar ransomware lama yang dikenal sebagai Hidden-Cry. Hidden-Cry sudah terkenal sebagai malware ganas yang menyerang perangkat Windows 2015 silam.