Mirrorless Sony A9 III sudah tiba di Indonesia, ini harga dan spesifikasinya

Oleh: Erlanmart - Rabu, 07 Feb 2024 15:06 WIB

Sony secara resmi telah meluncurkan mirrorless Sony A9 III ke Indonesia. Kamera ini adalah mirrorless full-frame pertama di dunia dengan sensor global shutter.

Sony secara resmi telah meluncurkan mirrorless Sony A9 III ke Indonesia. Kamera ini adalah mirrorless full-frame pertama di dunia dengan sensor global shutter. A9 III adalah penerus kamera A9 II yang telah meluncur hampir 5 tahun yang lalu.

Dengan sensor global shutter, kamera tersebut mampu menampilkan beberapa spesifikasi luar biasa. Di antaranya adalah kecepatan pemotretan 120 fps tanpa blackout, shutter speed hingga 1/80.000 detik, dan tidak ada gangguan rolling shutter. Namun, resolusi yang terbilang rendah pada 24,6 MP mungkin akan mengecewakan sebagian pengguna.

Teknologi baru tersebut membuka banyak kemungkinan baru bagi fotografer. Tanpa shutter mekanik, kamera ini dapat memotret dengan resolusi penuh, burst RAW 14 bit tanpa blackout hingga 120 fps dengan buffer 1,6 detik (sekitar 180 pemotretan). Sony juga melengkapi prosesor gambar Bionz XR terbaru dan AF deteksi fase bidang fokus kepadatan tinggi yang memungkinkan pelacakan fokus otomatis (AF) secara real-time.

Global shutter memungkinkan shutter speed hingga 1/80.000 detik (1/16.000 selama pemotretan continuous), sepuluh kali lebih cepat dibandingkan kebanyakan kamera. Lampu kilat yang kompatibel dapat disinkronkan hingga kecepatan shutter maksimum, dibandingkan dibatasi pada kecepatan yang jauh lebih rendah dalam mode shutter elektronik— biasanya sekitar 1/250 hingga 1/500 detik.

Hal tersebut juga memungkinkan shutter speed disesuaikan secara akurat untuk menghilangkan flicker dalam video. Dan Sony menawarkan fitur pre-burst 1 detik yang dapat menangkap subjek sebelum tombol shutter ditekan, sehingga mengurangi kemungkinan pengambilan gambar yang terlewat.