Harga DRAM naik, harga GPU makin selangit

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 11 Jun 2021 09:52 WIB

Bukan saja harga GPU naik dikarenakan kelangkaan chipset, dalam waktu dekat ini para produsen DRAM akan meningkatkan harga chipset RAM GPU mereka.

Harga GPU di pasaran saat ini tercatat di angka yang tidak masuk akal. Hal ini dikarenakan adanya penimbun yang sengaja menjual dengan harga yang mahal serta kelangkaan chipset yang terjadi secara global.

Dalam waktu dekat ini, harga MSRP dari GPU juga akan ikut melambung tinggi. Dalam sebuah laporan terbaru, akan ada satu komponen dari GPU yang meningkatkan harganya dikarenakan stok yang terbatas. Beberapa laporan menyebutkan, di tingkat pasar kontrak, tingkat pemenuhan untuk klien ukuran kecil hingga menengah berada di angka 30%. Situasi ini diperkirakan akan bertahan hingga kuartal ketiga tahun ini.

Selain itu, Wccftech (11/6) melaporkan, dalam waktu dekat ini diperkirakan adanya peningkatan harga DRAM dikarenakan pasokan yang terbatas. Harga DRAM akan meningkat 8 hingga 13% QoQ. 

Peningkatan harga salah satu komponen GPU ini akan semakin memberatkan para gamer. Hal ini dikarenakan saat tren cryptocurrency meledak tahun ini, harga GPU di pasaran melonjak hampir 200%, meski belakangan ini harga GPU terpantau mulai stabil.

Di beberapa pasar, untuk DRAM GDDR5 hampir tidak ada perbedaan antara harga di pasar spot dan harga kontrak. Ini kemungkinan karena penurunan produksi GPU tipe lama yang biasanya menggunakan memori ini. 

Tag