Gurihnya industri gaming di Indonesia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 28 Mar 2019 19:43 WIB

Saat ini, lini smartphone gaming memimpin industri gaming dengan pangsa pasar 63,4 persen. Sedangkan lini komputer gaming ada di angka 17 persen.

Ilustrasi eSport (Pexels)

Industri gaming pada awalnya dianggap sebelah mata. Bermain gim pun pada awalnya hanya dianggap sebagai kegiatan menghabiskan waktu. Oleh karena itu, banyak orang tua pun tak suka melihat anaknya menghabiskan bermain gim.

Namun, seiring waktu, gim pun menjadi sebuah hal yang penting. Terbukti dengan munculnya gamer profesional belakangan ini. Bahkan, gim saat ini menjadi salah satu cabang olahraga resmi, di bawah nama electronic sport alias esport.

Fenomena ini pun tidak hanya terbatas di negara-negara besar saja. Indonesia pun ikut kecipratan gegap gempita esport. Sebagai contoh, saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, esport menjadi salah satu cabang yang diperlombakan. Industri gim di Indonesia pun meningkat drastis.

Saking gurihnya, lembaga survei Newzoo menyebut saat ini industri gim di Indonesia ada di urutan ke-17 di seluruh dunia sepanjang 2018. Bahkan, kita berhasil mengungguli dua negara tetangga yakni Thailand dan Malaysia.

Dalam data tersebut, terlihat bahwa jumlah gamer di Indonesia sudah mencapai 46,2 juta orang. Jumlah ini lebih dari setengah populasi masyarakat Indonesia yang sudah mendapatkan akses internet yang berjumlah 82,2 juta orang.