GPU Intel juga bakal dukung Ray Tracing

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 02 Mei 2019 12:30 WIB

Sayang, GPU Ray Tracing ini tidak difokuskan untuk mereka yang ingin bermain gim, namun lebih menyasar ke bidang industri.

Intel Xe GPU (Wccftech)

Intel semakin serius menggarap lini GPU untuk melawan Nvidia dan AMD. Hal ini mereka tunjukkan dengan memperkenalkan sebuah GPU baru yang bernama Intel Xe beberapa waktu lalu.

Yang mengejutkan, mereka memperkenalkan sebuah fitur yang saat ini sedang banyak diperbincangkan para gamer, yakni Ray Tracing. Hal ini mereka umumkan di sebuah acara di Jerman yang bertajuk FMX.

Seperti Turing milik Nvidia, Intel juga akan menggunakan pendekatan akselerasi hardware untuk menjalankan Ray Tracing. Tentu saja, para penggemar teknologi sudah tak sabar untuk mencoba GPU tersebut.

Namun, sepertinya Intel tidak memfokuskan GPU ini untuk gamer. Namun, Ray tracing memiliki implikasi jangkauan yang luas, terlebih lagi di bidang pasar pusat data. 

Contohnya, Ray tracing untuk film anggaran besar seperti film Pixar dilakukan secara tradisional pada CPU karena mereka 100 persen akurat. Di sinilah GPU dengan Ray Tracing datang dan menawarkan tingkat akurasi yang tinggi, dengan kecepatan yang lebih tinggi juga.