GPT-5 rilis akhir tahun, diklaim akan ubah dunia

Oleh: Erlanmart - Rabu, 29 Mar 2023 16:09 WIB

GPT-5 dikatakan dapat segera mengubah dunia dengan satu cara yang luar biasa. Ini dicapai dengan mengintegrasikan kecerdasan umum buatan (AGI).

Ilustrasi AI

GPT-4 mungkin baru saja diluncurkan, tetapi orang-orang sudah bersemangat dengan versi berikutnya dari teknologi chatbot kecerdasan buatan (AI). Sekarang, klaim baru telah melaporkan bahwa GPT-5 akan menyelesaikan pelatihannya tahun ini, dan dapat membawa revolusi AI yang besar bersamanya.

Pernyataan ini datang dari pengembang Siqi Chen di Twitter, yang menyatakan: "Saya telah diberitahu bahwa GPT-5 dijadwalkan untuk menyelesaikan pelatihan Desember ini dan OpenAI berharap untuk mencapai Artificial General Intelligence (AGI)."

Dilansir dari Digital Trends (29/3), AGI adalah konsep "kecerdasan umum buatan", yang mengacu pada kemampuan AI untuk memahami dan mempelajari tugas atau ide apa pun yang dapat dilakukan manusia. Dengan kata lain, AI yang telah mencapai AGI tidak dapat dibedakan dari manusia dalam hal kemampuannya.

i have been told that gpt5 is scheduled to complete training this december and that openai expects it to achieve agi.

which means we will all hotly debate as to whether it actually achieves agi.

which means it will. — Siqi Chen (@blader) March 27, 2023

Hal itu membuat klaim Chen cukup eksplosif, mengingat semua kemungkinan yang ditawarkan oleh AGI. Pada ujung positif dari spektrum tersebut, teknologi ini dapat secara besar-besaran meningkatkan produktivitas berbagai proses yang mendukung AI, mempercepat pekerjaan manusia, dan menghilangkan pekerjaan yang membosankan dan berulang.