sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Rabu, 29 Mar 2023 16:09 WIB

GPT-5 rilis akhir tahun, diklaim akan ubah dunia

GPT-5 dikatakan dapat segera mengubah dunia dengan satu cara yang luar biasa. Ini dicapai dengan mengintegrasikan kecerdasan umum buatan (AGI).

GPT-5 rilis akhir tahun, diklaim akan ubah dunia
Ilustrasi AI

GPT-4 mungkin baru saja diluncurkan, tetapi orang-orang sudah bersemangat dengan versi berikutnya dari teknologi chatbot kecerdasan buatan (AI). Sekarang, klaim baru telah melaporkan bahwa GPT-5 akan menyelesaikan pelatihannya tahun ini, dan dapat membawa revolusi AI yang besar bersamanya.

Pernyataan ini datang dari pengembang Siqi Chen di Twitter, yang menyatakan: "Saya telah diberitahu bahwa GPT-5 dijadwalkan untuk menyelesaikan pelatihan Desember ini dan OpenAI berharap untuk mencapai Artificial General Intelligence (AGI)."

Dilansir dari Digital Trends (29/3), AGI adalah konsep "kecerdasan umum buatan", yang mengacu pada kemampuan AI untuk memahami dan mempelajari tugas atau ide apa pun yang dapat dilakukan manusia. Dengan kata lain, AI yang telah mencapai AGI tidak dapat dibedakan dari manusia dalam hal kemampuannya.

Hal itu membuat klaim Chen cukup eksplosif, mengingat semua kemungkinan yang ditawarkan oleh AGI. Pada ujung positif dari spektrum tersebut, teknologi ini dapat secara besar-besaran meningkatkan produktivitas berbagai proses yang mendukung AI, mempercepat pekerjaan manusia, dan menghilangkan pekerjaan yang membosankan dan berulang.

Pada saat yang sama, memberikan AI dengan kekuatan sebesar itu dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan — yang belum kita pikirkan. Bukan berarti bahwa pengambilalihan robot dari manusia akan segera terjadi, namun hal itu tentu menimbulkan banyak pertanyaan tentang apa saja efek negatif dari AGI.

Dan berbicara seputar waktu, ini adalah pertama kalinya kita mendengar tingkat kemajuan berikutnya, meskipun berdasarkan petunjuk lain yang ditawarkan OpenAI, itu tidak terlalu dibuat-buat. Organisasi tersebut telah secara resmi memperkirakan bahwa GPT-4.5, peningkatan dari GPT-4 saat ini, akan “diperkenalkan pada bulan September atau Oktober 2023 sebagai versi perantara antara GPT-4 dan GPT-5 mendatang.”

Jika AGI keluar jalur, maka dapat memungkinkan penyebaran bot yang sangat meyakinkan di saluran media sosial seperti Twitter, membantu menyebarkan disinformasi dan propaganda berbahaya yang semakin sulit dideteksi.

Itu adalah sesuatu yang jelas disadari oleh Elon Musk, ia telah memulai melawan bot AI sebagai pilar utama masa jabatannya sebagai CEO Twitter. Namun ide terbarunya untuk membatasi jangkauan akun yang belum membayar untuk keanggotaan Twitter Blue belum berjalan dengan baik.

Twitter hanyalah satu contoh di masa depan yang mendukung AI, dan ada banyak cara lain dari AI dapat mengubah cara hidup kita. Jika GPT-5 benar-benar mencapai AGI, tampaknya tidak terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa dunia dapat berubah dengan cara yang mengejutkan. Apakah itu akan menjadi lebih baik atau lebih buruk masih harus dilihat.

Share
×
tekid
back to top