Google ungkap tren penelusuran Indonesia 2020

Oleh: Adam Basith - Selasa, 23 Feb 2021 19:51 WIB

Google Indonesia merilis laporan Year in Search 2020 yang turut mengungkapkan berbagai kata kunci yang paling populer selama tahun tersebut.

Source: Pexels

Google Indonesia merilis laporan Year in Search 2020 yang turut mengungkapkan berbagai kata kunci yang paling populer selama tahun tersebut. Sebagaimana diketahui, 2020 merupakan tahun yang menantang karena pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia. Kondisi ini merubah perilaku pengguna termasuk dalam hal mencari sesuatu melalui mesin pencarian Google.

Year in Search 2020 menunjukkan bahwa orang Indonesia ingin agar brand lebih memahami perubahan kebutuhan hidup mereka selama pandemi dan pentingnya berempati terhadap kekhawatiran konsumen di masa depan. Laporan ini merupakan edisi ketiga yang membahas secara komprehensif tren yang terjadi di masyarakat dan di kalangan industri.

“Tahun 2020 penuh dengan tantangan dan ketidakpastian bagi kita semua. Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand,” kata Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia (23/2).

Laporan ini disusun berdasarkan data Google Trends, eConomy 2020, dan Think With Google yang memperlihatkan 5 tren yang mengalami peningkatkan penelusuran sejak November 2019 - Oktober 2020.

Tren pertama menunjukkan orang Indonesia ingin meningkatkan kualitas hidupnya, memprioritaskan kesehatan mental, dan mulai menggunakan internet untuk mengedukasi diri terkait berbagai masalah. Penelusuran tentang “kesehatan mental” naik 70% dan “self-care” naik 45%.