Google Maps banyak berisi daftar bisnis palsu

Oleh: Hieronimus Patardo - Jumat, 21 Jun 2019 11:51 WIB

Google Maps dilaporkan berisi sejumlah bisnis palsu di dalam apliksinya. Daftar ini akan merugikan, baik bagi pelaku bisnis begitu juga bagi konsumen.

Source: Google

Salah satu keunggulan Google Maps selain memberikan navigasi adalah tersedianya daftar tempat yang dapat dikunjungi oleh para penggunanya. Dari sejumlah tempat itu, beberapa di antaranya adalah tempat bisnis. Sayangnya, Google Maps dilaporkan dibanjiri dengan daftar bisnis palsu dan nomor telepon yang mengalihkan ke bisnis lain.

Dilansir dari TheVerge (21/6), ada terdapat sekitar ratusan ribu daftar palsu yang muncul di Google Maps setiap bulan. Layanan ini diperkirakan masih memiliki sekitar 11 juta bisnis palsu yang terdaftar.

Dalam studi akademik yang dilakukan pada 2017, Google mengklaim bahwa hanya terdapat sekitar 0,5 persen dari hasil pencarian lokal yang merupakan daftar palsu. Namun hsil temuan yang dilaporkan Wall Street Journal justru menyatakan sebaliknya.

Menurut Wall Street Journal, dari 20 hasil pencarian yang ada, ada 13 yang terdaftar menggunakan alamat palsu. Sementara itu, hanya ada dua bisnis yang ternyata mematuhi pedoman yang diberikan Google. Salah satu pedoman yang menjadi patokan adalah lini bisnis tersebut menentukan titik di lokasi terbuka untuk para pelanggannya. Sedangkan mayoritas bisnis palsu tersebut justru tidak berada di lokasi seperti yang tertera pada Google Maps.

Biasanya bisnis palsu ini berkisar pada kontraktor, reparasi atau layanan penarik mobil. Bisnis ini merupakan lini bisnis yang dibutuhkan dalam keadaan darurat, sehingga pelanggan biasanya tidak melakukan verifikasi ulang bisnis tersebut.